Search

Karya Maestro Ir Ciputra, dari Pondok Indah, Ancol hingga Bintaro - Okezone Economy

JAKARTA - Ir Ciputra tidak hanya seorang pengusaha di bidang industri properti. Tetapi dia juga menciptakan landmark yang menjadi bagian dari peradaban di Ibu Kota.

Filantrophis yang lahir di Parigi, Sulawesi Tengah, 24 Agustus 1931 ini awalnya bukanlah siapa-siapa. Dia menjalani masa kecil yang tidak mudah karena harus kehilangan ayahnya yang ditangkap dan ditahan tentara penjajah.

Baca Juga: Ciputra Meninggal Dunia, Anak: Kami Kehilangan Sosok Ayah Sekaligus Pemimpin

Setelah kehilangan ayahnya, Pak Ciputra menjadi tulang punggung keluarga. Sejak kecil, Pak Ciputra sudah menunjukkan ketertarikannya terhadap dunia bisnis, arsitektur dan seni, yang tercermin dari intuisinya dalam merenovasi sebuah bangunan gudang.

Ciputra

Ir Ciputra muda penuh semangat dan hasrat mengejar pendidikan jurusan arsitek sampai ke kota Bandung. Setelah lulus dari dari Institut Teknologi Bandung tahun 1960, beliau resmi menyandang gelar Insiyur.

Baca Juga: Filosofi Ciputra: Mengubah Kotoran dan Rongsokan Jadi Emas

Sebuah gelar yang bergengsi dan profesi yang menjanjikan di masa itu. Sepanjang karirnya bekerja, beliau dikenal sebagai seorang pelopor bidang usaha properti di Indonesia. Kemampuannya teruji sukses merintisdan membesarkan tiga grup korporasi yakni Grup Jaya, Grup Metropolitan, dan Grup Ciputra. Dari sinilah lahir mahakarya Ir Ciputra.

Cikal Bakal Pasar Senen dan Ancol

Bermula dari tahun 1960-an, dengan menggandeng Pemerintah DKI Jakarta, beliau membentuk PT Pembangunan Jaya. Proyek pertamanya adalah membangun sebuah pusat belanja modern pertama di Indonesia di atas lahan seluas 15 hektar, yang kemudian dikenal sebagai Proyek Pasar Senen.

Ciputra

Belum selesai membangun proyek Pasar Senen, Pak Ciputra mulai menggagas pembangunan proyek monumental lainnya di bagian utara kota Jakarta di atas lahan rawa yang tidak produktif seluas 550 hektare, yaitu Taman Impian Jaya Ancol.

Dengan konsep dan gagasan beliau, Ancol berubah menjadi kawasan pariwisata terpadu bertema pantai, yang dilengkapi convention center, perhotelan, pasar seni, wisata belanja, water park, taman rekreasi keluarga dan wisata pantai.

Let's block ads! (Why?)



"Karya" - Google Berita
November 27, 2019 at 02:23PM
https://ift.tt/2P1yimf

Karya Maestro Ir Ciputra, dari Pondok Indah, Ancol hingga Bintaro - Okezone Economy
"Karya" - Google Berita
https://ift.tt/2V1hiPo

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Karya Maestro Ir Ciputra, dari Pondok Indah, Ancol hingga Bintaro - Okezone Economy"

Post a Comment

Powered by Blogger.