Search

Suwirta Hadiri Puncak Mupuk Karya Agung di Pura Dasar Buana - BisnisBali

HADIRI - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama Ny Ayu Suwirta menghadiri Puncak Mupuk Karya Agung Pura Dasar Buana dan Kahyangan Desa Adat Gelgel.

Semarapura (bisnisbali.com) –Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta bersama Ny. Ayu Suwirta menghadiri Puncak Mupuk Karya Agung Pura Dasar Buana dan Kahyangan Desa Adat Gelgel bertempat di Pura Dasar Buana, Desa Gelgel. Turut hadir Ida Dalem Semaraputra, tokoh puri serta para pamedek.

Bupati Suwirta berharap seluruh rangkaian Mupuk Karya Agung tersebut bisa berjalan dengan lancar dan seluruh pangempon karya bisa terus menjaga semangat tulus ikhlas untuk ngayah di pura. “Jaga semangat gotong-royong ngayah dengan baik dan selalu perkuat menyama braya,” harap Bupati Suwirta.

Sementara itu, Panitia Karya Dewa Ketut Soma menyampaikan Upacara Mupuk Karya Agung ini digelar setelah setahun pelaksanaan Karya Tawur Agung Panca Wali Krama, Panyejeg Gumi dan Padanan, Pangebek, Panegteg Jagat, Piodalan dan Mapeselang di Pura Dasar Buana, Desa Adat Gelgel. Total ada sepuluh sulinggih yang muput puncak Karya Agung kali ini, antara lain Ida Pedanda Gde Jumpung Putra Kaniten dari Griya Jumpung Kamasan, Ida Pedanda Istri Anom dari Griya Dawan Klod, dan Ida Pedanda Gde Wayan Darma dari Griya Wanasari Karangasem. Dua sulinggih lainnya muput di Pura Bale Agung, yakni Ida Pedanda Gde Rai Pidada dari Griya Sengguan dan Ida Pedanda Gde Wana Yoga dari Griya Wanasari. Sementara di Pura Melanting dipuput Ida Pedanda Gde Karang Putra Kaniten dari Griya Satria Kangin.

Ditambahkannya, rangkaian upacara yang telah dilaksanakan sebelumnya, yaitu matur piuning, mekarya sunari lan pindekan pada Saniscara Paing Warigadean Sabtu (1/2), dilanjutkan Nyuci, Ngingsah, Negtegang Beras, Ngunggahan Sunari lan Pindekan, Mebanten Pengalang bilang bucu, Ngawitin Ngoreng lan Nyuarayang Katungan pada Anggara Kliwon Julungwangi Selasa (4/2) serta Nedunang Ida Batara pada Redite Wage Kuningan (23/2). *dar

Let's block ads! (Why?)



"Karya" - Google Berita
February 26, 2020 at 10:02AM
https://ift.tt/2HWVr5W

Suwirta Hadiri Puncak Mupuk Karya Agung di Pura Dasar Buana - BisnisBali
"Karya" - Google Berita
https://ift.tt/2V1hiPo

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Suwirta Hadiri Puncak Mupuk Karya Agung di Pura Dasar Buana - BisnisBali"

Post a Comment

Powered by Blogger.