Search

Kocek Masih Tebal, Hutama Karya Siap Lunasi Utang - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – PT Hutama Karya (Persero) siap melunasi utang jatuh tempo dengan kas internal. Perseroan juga berencana menerbitkan obligasi baru untuk membiayai proyek jalan tol Trans Sumatra.

Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Muhammad Fauzan  mengatakan perseroan memiliki utang sebesar Rp325 miliar yang akan jatuh tempo pada 28 Juni 2020. Utang tersebut merupakan penerbitan Obligasi I Hutama Karya Tahun 2013 Seri C yang memiliki kupon 9,5 persen.

Fauzan menuturkan, pelunasan obligasi jatuh tempo dengan kas internal tidak akan mengganggu arus kas perseroan. Dia meyakinkan, arus kas perseroan dalam posisi yang solid dan cukup untuk membayar utang jatuh tempo. “Hutama Karya memiliki cash flow yang positif sehingga tidak memiliki kendala,” ujarnya kepada Bisnis, Senin (3/2/2020).

Di sisi lain, Hutama Karya juga berencana menerbitkan obligasi baru pada tahun ini untuk membiayai proyek jalan tol Trans Sumatra. Obligasi menjadi sumber pembiayaan alternatif di samping pinjaman perbankan dan penyertaan modal negara (PMN).

Untuk diketahui, Hutama Karya mendapat penugasan untuk menggarap 24 ruas jalan tol Trans Sumatra sepanjang 2.765 kilometer. Mega proyek jalan bebas hambatan ini membutuhkan investasi sedikitnya Rp476 triliun dan porsi ekuitas lebih besar dibandingkan dengan pinjaman.

Dalam penerbitan surat utang, Hutama Karya mendapat penjaminan dari pemerintah sehingga memperoleh peringkat atau idAAA. Rating obligasi itu membuat kupon atau bunga obligasi untuk tenor 10 tahun hampir setara dengan tingkat bunga surat utang yang diterbitkan pemerintah.

Let's block ads! (Why?)



"Karya" - Google Berita
February 04, 2020 at 05:05AM
https://ift.tt/2RYeYJj

Kocek Masih Tebal, Hutama Karya Siap Lunasi Utang - Bisnis.com
"Karya" - Google Berita
https://ift.tt/2V1hiPo

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kocek Masih Tebal, Hutama Karya Siap Lunasi Utang - Bisnis.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.