Search

Alat Deteksi Covid-19 Karya Anak Bangsa Siap Sebulan Lagi - Investor Daily

Jakarta, Beritasatu.com - Alat pemeriksaan virus corona berbasis polymerase chain reaction (PCR) karya anak bangsa dalam waktu dekat akan rampung. Kurang dari sebulan, PCR mobile ini akan mampu memeriksa sampel virus corona terutama di daerah yang kekurangan laboratorium pemeriksa kategori bio safety level 2.

Menteri Riset Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang Soemantri Brodjonegoro menyebut, riset dan inovasi ini dipimpin oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT)

"Untuk alat pengujian (virus) dipimpin BPPT dalam riset dan inovasinya berupa test kit (alat uji) yang bersifat PCR diagnostik berbasis PCR dan test kit non PCR," kata Bambang dalam telekonferensi di Kantor BNPB, Jakarta, Senin (6/4/2020).

Sedangkan untuk tes cepat (rapid test) berbasis antigen akan rampung satu-dua bulan ke depan dan ditargetkan akan diproduksi massal sebanyak 100.000 buah.

"Tentu rapid test tidak seakurat PCR tapi paling tidak membantu screening awal. Hasil rapid test ini bisa keluar dalam 10-15 menit," ucapnya.

Ia menjelaskan, pengujian cepat ini memang tidak bisa dilakukan sekali dan memerlukan pemeriksaan berikutnya.

Selain alat uji pendeteksi virus, alat kesehatan lain yang krusial adalah ventilator -- perangkat yang membantu pernapasan pasien. Kebutuhannya pun akan besar seiring bertambahnya pasien. Selama ini kebutuhan ventilator mengandalkan pasokan impor.

Saat ini riset inovasi portable ventilator yang dipimpin BPPT sedang diuji oleh Kementerian Kesehatan.

"Dua minggu yang akan datang ventilator dengan tingkat kandungan dalam negeri 100 persen ini akan diproduksi dalam jumlah besar untuk pasien non ICU," imbuhnya. 

Sumber: BeritaSatu.com

Let's block ads! (Why?)



"Karya" - Google Berita
April 06, 2020 at 11:36PM
https://ift.tt/3aNjaCB

Alat Deteksi Covid-19 Karya Anak Bangsa Siap Sebulan Lagi - Investor Daily
"Karya" - Google Berita
https://ift.tt/2V1hiPo

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Alat Deteksi Covid-19 Karya Anak Bangsa Siap Sebulan Lagi - Investor Daily"

Post a Comment

Powered by Blogger.