Search

Ridwan Kamil Perkenalkan Ventilator Karya Anak Bangsa dengan Harga Terjangkau - Okezone

JAKARTA – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunggah sebuah kabar gembira terkait penanganan corona virus disease (covid-19) di Indonesia. Ia mengungkapkan kini PT Pindad di Kota Bandung sudah dapat memproduksi alat ventilator yang biasa digunakan pasien terpapar virus corona.

Ia menyatakan harga ventilator karya anak bangsa ini sangat terjangkau, yakni hanya belasan juta rupiah. Jauh lebih murah dibanding ventilator buatan luar negeri yang biasa dipakai.

"Berita gembira. Ventilator untuk pasien covid yang selama ini impor dan mahal sekitar 500–700 juta rupiah per unit, sekarang bisa turun menjadi hanya 10–15 juta rupiah per unit produksi PT Pindad untuk tipe pasien akut dan PT Dirgantara Indonesia untuk tipe pasien moderat," ungkap Kang Emil –sapaan akrabnya– melalui akun Instagram-nya, Sabtu (25/4/2020).

Ia menerangkan, PT Pindad yang biasanya memproduksi senjata, kini bekerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk bisa memproduksi 200 ventilator setiap bulannya.

Kemudian PT DI, lanjut dia, yang biasanya memproduksi pesawat terbang, sekarang berkolaborasi dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) serta Yayasan Salman ITB bisa memproduksi 500 ventilator per minggu.

"Insya Allah semua rumah sakit yang merawat pasien covid tidak akan kekurangan alat bantu pernapasan atau ventilator lagi dan tidak usah impor lagi," tulisnya.

Ia menyatakan inilah kerja bersama dari para inventor serta industri di Jawa Barat untuk Indonesia dan dunia dalam menangani masalah virus corona.

"Dan insya Allah, optimis #KitaPastiMenang," tegasnya.

(han)

Let's block ads! (Why?)



"Karya" - Google Berita
April 25, 2020 at 11:05PM
https://ift.tt/3eWtk6r

Ridwan Kamil Perkenalkan Ventilator Karya Anak Bangsa dengan Harga Terjangkau - Okezone
"Karya" - Google Berita
https://ift.tt/2V1hiPo

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ridwan Kamil Perkenalkan Ventilator Karya Anak Bangsa dengan Harga Terjangkau - Okezone"

Post a Comment

Powered by Blogger.