Search

Arisan Karya, Dukungan untuk Perupa Seni saat Krisis Corona - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Museum MACAN menginisiasi Arisan Karya, upaya penggalangan dana untuk membantu para pelaku seni di tengah krisis akibat wabah virus corona.

Dalam siaran pers yang diterima CNNIndonesia.com, Kamis (30/4), perupa partisipan akan membuat materi online berupa tips berkarya, tutorial, dan berbagai info kreatif untuk dibagi dengan publik.

Museum MACAN mengaku telah menjangkau berbagai jejaringnya untuk melakukan panggilan terbuka untuk perupa dari seluruh Indonesia, memotivasi mereka untuk membuat karya dan berpartisipasi dalam Arisan Karya.


Perupa akan mengirimkan karya - dapat berupa lukisan, patung, karya cetak, atau foto. Sementara itu, publik dapat memberi dukungan dengan membeli kupon bernomor seharga Rp1 juta.

Kupon ini kemudian akan dicocokkan dengan nomor karya seni dalam sesi "Ungkap Karya" lewat fitur Instagram Live di akun milik Museum MACAN. Pendukung akan mendapatkan satu karya untuk tiap kupon yang dibeli.

Arisan Karya ini akan diadakan dalam tiga ronde pada Mei, Juni, dan Juli. Ronde pertama akan diadakan pada 20 - 28 Mei 2020. Namun, semua karya bersifat misterius hingga hari "Ungkap Karya." 

Daftar perupa yang ikut serta sendiri mencakup tokoh senior hingga bintang baru di dunia seni rupa Indonesia. Mereka di antaranya Melati Suryodarmo, Tisna Sanjaya, Saleh Husein, Agus Suwage, dan Ika Vantiani.

Perupa (atau badan sosial pilihan mereka) akan menerima 70 persen dari dana yang terkumpul. Dana lainnya akan dialokasikan untuk memfasilitasi perupa membagi ilmu dan pengalaman mereka dengan masyarakat lewat materi online.

[Gambas:Video CNN]

Para perupa dapat memberikan tips praktis berkesenian, lokakarya kreatif untuk dilakukan di rumah, atau program wicara, yang akan ditampilkan lewat platform digital Museum MACAN.

"COVID-19 telah berdampak sungguh besar terhadap perupa dan budaya kita. Kami harap bahwa Arisan Karya dapat menjadi titik awal yang mendorong lebih banyak aksi positif," kata Direktur Museum Macan, Aaron Seeto.

"Kami sungguh berharap bahwa gerakan ini tidak hanya memotivasi komunitas seni lokal, tetapi juga menjadi sumber kebahagiaan untuk penikmat seni yang sedang bekerja dan belajar dari rumah." (agn/has)

Let's block ads! (Why?)



"Karya" - Google Berita
April 30, 2020 at 09:00PM
https://ift.tt/3d2Spe1

Arisan Karya, Dukungan untuk Perupa Seni saat Krisis Corona - CNN Indonesia
"Karya" - Google Berita
https://ift.tt/2V1hiPo

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Arisan Karya, Dukungan untuk Perupa Seni saat Krisis Corona - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.