Search

Berdayakan Warga Terdampak Covid-19, Pemdes Karangpawitan Ciamis Gelar Padat Karya Tunai Desa - Harapan Rakyat

Berdayakan Warga Terdampak Covid-19, Pemdes Karangpawitan Ciamis Gelar Padat Karya Tunai Desa
Pemerintah Desa Karangpawitan, Kecamatan Kawali, menggelar kegaiatan Padat Karya Tunai Desa ( PKTD) , melalui pemeliharaan dan pembersihan jalan usaha tani (JUT) Rabu, (22/4/2020). Foto:Edji/HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Pemerintah Desa Karangpawitan, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menggelar kegaiatan Padat Karya Tunai Desa ( PKTD) , melalui pemeliharaan dan pembersihan jalan usaha tani (JUT) Rabu, (22/4/2020).  Kegiatan dihadiri oleh Babinsa, unsur BPD, ketua TP PKK, kades, RT dan RW.

Kepala Desa Karangpawitan Rosadi, mengatakan,kegiatan Padat Karya Tunai Desa ini merupakan program pemerintah untuk memberdayakan masyarakat Desa, yang sifatnya produktif.

“Kegiatan padat karya ini intinya memanfaatkan sumberdaya tenaga lokal yang ada dengan tujuan untuk menambah pendapatan warga yang terdampak  covid 19,” ujarnya.

Kata Rosadi, PKTD  yang dilakukan oleh Pemerintah Desa mengacu pada surat edaran Kemendes Nomor 8 tahun 2020 tentang Desa tanggap covid 19 dan penugasan Padat Karya Tunai.

“Program Ini tidak lain untuk mitigasi ekonomi bagi masyarakat Desa yang terdampak covid 19 dan ekonomi lemah atau hilang pendapatan,” jelasnya.

Kegiatan PKTD ini anggarannya diambil dari Dana Desa tahap 1 sebesar Rp 14.770.000, dengan jumlah peserta 149 orang. Peserta terdiri dari petani setempat, orang yang lulus ODP,  pengangguran, Karangtaruna dan PKK.

Masyarakat yang ikut program PKTD, mendapat upah berupa uang tunai. “Setidaknya kediatan ini bisa dirasakan langsung manfaatnya oleh warga, dengan pendapatan tersebut setidaknya dapat mengurangi beban pengeluaran sehari hari,” kata Rosadi.

Lebih lanjut Rosadi mengatakan, selain digunakan untuk kegiatan padat karya, anggaran  dari Dana Desa tahap 1 ini digunakan untuk pencegahan covid 19.

Kegiatan padat Karya Tunai  di Desa Karangpawitan difokuskan untuk pemeliharaan dan pembersihan jalan usaha tani yang berada di lokasi sawah bengkok Desa, yang berada di wilayah Dusun Kiaralawang dan Dusun Lintungpaku. (Edji/R8/HR Online)

Loading...

Let's block ads! (Why?)



"Karya" - Google Berita
April 23, 2020 at 11:01AM
https://ift.tt/2xQJi13

Berdayakan Warga Terdampak Covid-19, Pemdes Karangpawitan Ciamis Gelar Padat Karya Tunai Desa - Harapan Rakyat
"Karya" - Google Berita
https://ift.tt/2V1hiPo

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Berdayakan Warga Terdampak Covid-19, Pemdes Karangpawitan Ciamis Gelar Padat Karya Tunai Desa - Harapan Rakyat"

Post a Comment

Powered by Blogger.