Search

238 WNI Berhasil Dievakuasi dari Wuhan, Menhub Budi Karya Apresiasi Semua Pihak - iNews

JAKARTA, iNews.id - Evakuasi 238 Warga Negara Indonesia (WNI) dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China berjalan sukses. Ratusan WNI mendarat di Bandar Udara Hang Nadim, Batam, Minggu (2/2/2020) pagi setelah menempuh perjalanan kurang lebih selama 5 jam.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengapresiasi semua pihak yang ikut terlibat dan mendukung evakuasi ratusan WNI dari Kota Wuhan. Menurut dia, dengan kerja sama seluruh instansi ini, proses selanjutnya akan berjalan sesuai rencana.

"Terima kasih kepada seluruh prajurit TNI, Kepolisian, Batik Air beserta awak kabin, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Batam, Pemerintah Kabupaten Natuna serta pihak-pihak lainnya atas dukungan pergerakan WNI dari Wuhan menuju ke Indonesia. Dengan dukungan dari rekan-rekan, proses evakuasi dapat berjalan dengan lancar," kata Budi, di Jakarta, Minggu (2/2/2020).

Dia mengatakan, pemerintah telah melakukan pengawasan yang ketat, baik di Bandara maupun Pelabuhan. Terlebih lagi dengan telah dikeluarkannya deklarasi situasi darurat global oleh World Health Organization (WHO).

"Caranya melalui koordinasi intensif bersama KKP, Imigrasi dan Bea Cukai dengan memasang alat thermal scanner untuk mendeteksi peningkatan suhu tubuh penumpang dan menyiapkan ruang isolasi bagi penumpang yang terindikasi terpapar virus korona.

Budi menuturkan, para petugas yang berjaga juga telah menerima instruksi untuk menggunakan alat perlindungan diri selama menjalankan tugasnya, yaitu dengan cara menggunakan masker dan sarung tangan.

Diberitakan sebelumnya, menurut data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terdapat tujuh WNI yang gagal pulang ke tanah air dengan berbagai alasan. Empat orang memilih untuk tetap berada di China karena merasa lebih kerasan berada di sana.

Sedangkan, tiga orang lainnya dinyatakan tidak lolos tes kesehatan Pemerintah China. Sekadar informasi, Pemerintah China melakukan tiga rangkai tahapan pemeriksaan kesehatan terhadap WNI untuk dapat meninggalkan Negeri Tirai Bambu itu.

"Itu membuat kita merasa nyaman bahwa yang berangkat ke sini (Indonesia) sudah dipastikan Pemerintah China adalah orang sehat," ujar Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto di Riau, Minggu (2/2/2020).

Editor : Djibril Muhammad

Let's block ads! (Why?)



"Karya" - Google Berita
February 02, 2020 at 06:24PM
https://ift.tt/36OHvFf

238 WNI Berhasil Dievakuasi dari Wuhan, Menhub Budi Karya Apresiasi Semua Pihak - iNews
"Karya" - Google Berita
https://ift.tt/2V1hiPo

Bagikan Berita Ini

0 Response to "238 WNI Berhasil Dievakuasi dari Wuhan, Menhub Budi Karya Apresiasi Semua Pihak - iNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.