Search

ITS Tantang Mahasiswanya Perangi Covid 19 Lewat Karya Ilustrasi - Medcom ID

Jakarta: Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) memberi tantangan kepada mahasiswa untuk memerangi pandemi virus Korona dengan karya. Salah satunya melalui karya ilustrasi bertemakan Solidaritas Melawan Covid-19.
 
Kampanye melawan covid-19 ini merupakan inisiasi dari Departemen Desain Komunikasi Visual (DKV) ITS. Tercatat saat ini sudah ada 58 karya dari mahasiswa DKV yang masuk.
 
Dosen DKV, Rabendra Yudistira Alamin menuturkan, ide untuk membuat karya ilustrasi mengenai covid-19 ini bermula ketika Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur membutuhkan sebuah inovasi baru untuk mengedukasi masyarakat. Terutama sosialisasi dalam melawan covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, mata kuliah Ilustrasi Konseptual yang diampunya bersama rekan dosen Nugrahardi Ramadhani ini memiliki kebiasaan untuk menyinkronkan tugas perkuliahan dengan kondisi terkini. Untuk itu, karya-karya ini juga merupakan bagian dari tugas untuk mahasiswanya.
 
“Setiap tahunnya kami berusaha menggunakan topik yang relevan dan untuk tahun ini topiknya Covid-19,” imbuh Rabendra dikutip dari laman ITS.
 
Baca juga:Kemendikbud: Pembebasan Skripsi Otoritas Kampus
 
Saat ini 58 karya mahasiswanya tersebut sudah terpampang di akun media sosial Instagram. Harapannya, karya-karya ini bisa dinikmati dan menginspirasi banyak orang untuk membantu menghentikan penyebaran virus Korona.
 
“Walaupun kami bukan dokter atau aparat berwenang, tapi kami juga ingin mengambil peran melalui apa yang kami bisa, yaitu menyampaikan pesan positif melalui bahasa visual,”harapnya.
 
Karya-karya mahasiswa ini mempunyai konsep yang beragam. Mulai dari mengusung tema semi romantis sampai cerita bersambung.
 
Adhec Saputra mahasiswa DKV ITS angkatan 2018 ini menjelaskan alasannya mengusung tema semi romantis. Konsep tersebut didasari atas keresehannya terhadap perilaku remaja di Indonesia yang masih belum peduli dengan penyebaran covid-19 ini.
 
Terbukti dengan banyaknya pemuda yang merasa tidak akan terinfeksi oleh virus ini dan tidak mematuhi imbauan untuk menjaga jarak atau social distancing.“Oleh karena itu, ilustrasi yang saya buat bertujuan untuk mengubah pola pikir mereka mengenai hal itu,” jelas Adhec.

(CEU)

Let's block ads! (Why?)



"Karya" - Google Berita
April 04, 2020 at 07:14AM
https://ift.tt/3bQmOvA

ITS Tantang Mahasiswanya Perangi Covid 19 Lewat Karya Ilustrasi - Medcom ID
"Karya" - Google Berita
https://ift.tt/2V1hiPo

Bagikan Berita Ini

0 Response to "ITS Tantang Mahasiswanya Perangi Covid 19 Lewat Karya Ilustrasi - Medcom ID"

Post a Comment

Powered by Blogger.