Search

KPK Dalami Pembayaran Kontrak Subkontraktor Proyek Fiktif di PT Waskita Karya - Tribunnews

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendalami soal adanya pembayaran kontrak subkontraktor proyek fiktif di PT Waskita Karya.

Hal tersebut ditelisik KPK lewat staf Keuangan Divisi II PT Waskita Karya Tbk Wagimin. Dia diperiksa terkait dengan kasus pelaksanaan pekerjaan subkontraktor fiktif pada 14 proyek yang dikerjakan Waskita Karya.

Wagimin dimintai keterangannya sebagai saksi untuk tersangka mantan Kepala Divisi (Kadiv) II Waskita Karya Fathor Rachman.

Selain Wagimin, penyidik KPK juga turut memeriksa Benny Panjaitan, Marsudi, dan Mintadi, selaku para pegawai Waskita Karya.

Kabag Pemberitaan dan Publikasi KPK Yuyuk Andriati Iskak menyampaikan, bahwa penyidik mendalami sejumlah hal pada keempat saksi tersebut salah satunya terkait pembayaran kontrak.

"Penyidik mendalami keterangan saksi terkait proses pembuatan, pembayaran dan pertanggungjawaban kontrak fiktif pada proyek-proyek di PT Waskita Karya," ujar Yuyuk kepada wartawan, Kamis (17/10/2019) malam.

Baca: Waskita Karya akan Terima Pembayaran Empat Proyek Turnkey Senilai Rp2,52 Triliun

Dalam penyidikan sebelumnya KPK terus mengusut dugaan aliran dana ke sejumlah pihak seiring kerugian keuangan negara yang cukup besar dalam kasus ini.

Dari perhitungan sementara KPK berdasarkan koordinasi dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), diduga terjadi kerugian keuangan negara setidaknya Rp186 miliar.

Perhitungan tersebut merupakan jumlah pembayaran dari PT Waskita Karya kepada perusahaan-perusahaan subkontraktor pekerjaan fiktif tersebut.

Let's block ads! (Why?)



"Karya" - Google Berita
October 18, 2019 at 03:43AM
https://ift.tt/2VQBSSS

KPK Dalami Pembayaran Kontrak Subkontraktor Proyek Fiktif di PT Waskita Karya - Tribunnews
"Karya" - Google Berita
https://ift.tt/2V1hiPo

Bagikan Berita Ini

0 Response to "KPK Dalami Pembayaran Kontrak Subkontraktor Proyek Fiktif di PT Waskita Karya - Tribunnews"

Post a Comment

Powered by Blogger.