Search

14 Seniman Muda STKW Surabaya Gelar Pamer Karya, Filosofi 'Tanah Air Beta' dalam Tema Pameran - Surya

SURYA.co.id |SURABAYA - Sebanyak 14 seniman muda asal Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta (STKW) Surabaya menggelar pamer karya bertajuk Tanah Air Beta di Galeri Paviliun House of Sampoerna.

Sebanyak 25 keramik hasil karya mahasiswa STKW Surabaya dipajang di Galeri Paviliun mulai 6 hingga 27 Maret 2020.

Tema Tanah Air Beta, diambil karena setiap hari seniman muda asal STKW selalu bergulat dengan tanah, air, dan dirinya sendiri.

"Tanah itu diambil karena karya yang kami buat berasal dari tanah liat, Air juga salah satu media yang kami gunakan untuk pemersatu tanah. Sementara Beta, menggambarkan sosok seniman itu sendiri," jelas Muhammad Tafrychan salah satu seniman dalam pameran Tanah Air Beta.

Persiapan pameran ini dibuat sendiri oleh mahasiswa STKW, selama enam bulan, termasuk penentuan tema.

Karya-karya yang ditampilkan dalam pameran Tanah Air Beta, tak berpatok pada syarat khusus dan lebih membebaskan seniman ingin memamerkan karya seperti apa.

Muhammad Tafrychan kemudian menunjuk salah satu karya yang terpajang di Galeri Pavilium House of Sampoerna, yang disebut menggambarkan tentang tanah kelahiran sang seniman.

Bahan dasar tanah yang digunakan seniman muda asal STKW ini, kebanyakan berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti, Madura, Malang, dan Riau.

Tanah-tanah itu dipilih lantaran memiki tekstur yang lebih bagus daripada yang lainnya.

"Jadi di dalam membuat keramik itu ada lima teknik yang digunakan di antaranya, pilin, pinching, putar, slab, dan tuang. Nah, tanah-tanah tersebut sangat baik digunakan untuk kelima teknik itu," terang pria yang akrab disapa Aan itu.

Melalui pameran Tanah Air Beta, seniman muda asal STKW ingin agar masyarakat tahu bahwa membuat seni itu bisa dari apa saja, termasuk tanah.

Terlebih ketika masyarakat mengerti cara pengolahan bahan tersebut, maka akan menjadi sesuatu hal yang baru dan lebih berguna.

Selain itu, para seniman juga berharap agar masyarakat bisa tahu bahwa perkembangan seni keramik saat ini memiliki potensi sangat besar dan berkelanjutan.

Rani Anggraini, selaku Manager House of Sampoerna memberikan apresiasi pada gelaran yang dilakukan oleh mahasiswa STKW Surabaya.

"Melalui pameran ini, semoga teman-teman mahasiswa STKW bisa menginspirasi generasi muda untuk menjelajahi dan mendalami jenis-jenis seni rupa. Juga diharapkaj dapat menjadi ajang pertemuan dan diskusi para pelaku dan pencinta seni, khususnya ketamik," kata Rani Anggraini.

Let's block ads! (Why?)



"Karya" - Google Berita
March 05, 2020 at 12:21AM
https://ift.tt/2vHNjDZ

14 Seniman Muda STKW Surabaya Gelar Pamer Karya, Filosofi 'Tanah Air Beta' dalam Tema Pameran - Surya
"Karya" - Google Berita
https://ift.tt/2V1hiPo

Bagikan Berita Ini

0 Response to "14 Seniman Muda STKW Surabaya Gelar Pamer Karya, Filosofi 'Tanah Air Beta' dalam Tema Pameran - Surya"

Post a Comment

Powered by Blogger.