Search

Kebun Raya Eka Karya 'Bedugul' Ditutup Hingga Akhir Maret - Jawa Pos

TABANAN, BALI EXPRESS - Kebun Raya Eka Karya Bali atau yang lebih dikenal dengan Kebun Raya Bedugul mulai Kamis (19/3) menutup kunjungan hingga tanggal 31 Maret 2020 mendatang. Hal itu dilakukan guna mengantisipasi penyebaran virus corona atau COVID-19.

Hal itu dibenarkan oleh Humas Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), I Gede Wawan Setiadi. Dijelaskan bahwa guna mengantisipasi penyebaran virus COVID-19, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melakukan penutupan sementara empat Kebun Raya yang dikelola LIPI. "Diantaranya Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Purwodadi, termasuk Kebun Raya Eka Karya Bali," ujarnya saat dikonfirmasi Kamis (19/3).

Penutupan sementara akan dilakukan mulai Kamis (19/3) hingga Selasa (31/3) dan akan dibuka kembali setelah melihat perkembangan situasi. Langkah penutupan sementara ini merupakan bentuk tanggung jawab dan komitmen LIPI untuk ikut serta menjaga kesehatan dan keselamatan masyarakat dalam situasi pandemik virus COVID-19. 

Meskipun demikian, menurutnya memang ada beberapa pengunjung yang datang ke Kebun Raya Eka Karya untuk berwisata. Namun petugas pun memberikan penjelasan bahwa Kebun Raya yang menjadi salah satu tujuan wisata favorit keluarga di Bali itu ditutup hingga tanggal 31 Maret 2020 nanti. "Keputusan untuk penutupan disampaikan Rabu sore setelah diadakan rapat koordinasi pimpinan, kemudian rilis sudah disampaikan ke rekan-rekan media dan kita sampaikan juga melalui media sosial," jelasnya.

Ditambahkannya jika selama penutupan, pihak Kebun Raya Eka Karya telah melakulan langkah-langkah pencegahan, seperti penyemprotan disinfektan ke seluruh fasilitas-fasilitas publik di Kebun Raya. "Kami juga telah memproduksi hand sanitizer sendiri untuk keperluan di kebun, penyemprotan desinfektan di fasilitas umum kebun, sebagian pegawai sudah bekerja dari rumah hanya beberapa yangbditugaskan untuk piket," imbuh Wawan. 

Pihaknya pun berharap situasi segera membaik sehingga Kebun Raya Eka Karya bisa dibuka kembali seperti biasa.

Hal tersebut diamini oleh Operational Manager MNR Pengelola Kebun Raya Eka Karya Bali, Teguh Dwiyanto. Menurut ya ditutupnya Kebun Raya dari tanggal 19 Maret 2020 sampai dengan tanggal 31 Maret 2020 adalah merupakan komitmen LIPI dalam mengutamakan keselamatan dan kesehatan masyarakat sebagai upaya pencegahan penyebaran lebih luas pandemic COVID-19 di wilayah Bali.

"Jika dirata-ratakan jumlah pengunjung Kebun Raya Bali saat weekday mencapai 500 sampai 700 orang, dan weekend 1.000 sampai 1.500 orang. Tapi bagi Kebun Raya Eka Karya Bali yang utama adalah kesehatan dan keselamatan masyarakat meskipun secara pendapatan berkurang sekitar 60 sampai 70 persen," tegasnya.

Adapun tiket masuk ke Kebun Raya Eka Karya Bali untuk saat ini adalah Rp 9.000 per orang untun domestik dan Rp 17.000 per orang untuk asing.

Let's block ads! (Why?)



"Karya" - Google Berita
March 19, 2020 at 05:29PM
https://ift.tt/2vDBrmw

Kebun Raya Eka Karya 'Bedugul' Ditutup Hingga Akhir Maret - Jawa Pos
"Karya" - Google Berita
https://ift.tt/2V1hiPo

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kebun Raya Eka Karya 'Bedugul' Ditutup Hingga Akhir Maret - Jawa Pos"

Post a Comment

Powered by Blogger.