Search

Hutama Karya Rayakan 59 Tahun dengan Aksi Peduli Penanggulangan Corona - detikNews

Jakarta -

PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) akan genap berusia 59 tahun pada 29 Maret mendatang. Direktur Utama Hutama Karya, Bintang Perbowo mengatakan bahwa melihat pesatnya perkembangan industri konstruksi nasional di tengah kemajuan teknologi saat ini, Hutama Karya sebagai salah satu BUMN Infrastruktur tertua di Indonesia dituntut untuk lebih dinamis dan inovatif dalam menjalankan proses bisnisnya.

"Perkembangan industri konstruksi mempunyai peran strategis sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi nasional. Langkah tepat dan cepat memanfaatkan peluang dan efisiensi kinerja perusahaan adalah kunci menghadapi persaingan lokal maupun global, baik dengan sesama BUMN, sektor swasta, hingga kontraktor asing," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (26/3/2020).

Lebih lanjut Bintang mengatakan bahwa di usianya yang ke 59 tahun, Hutama Karya mengangkat tema Menghubungkan Kebaikan untuk Indonesia Maju. Walau sedang berada dalam situasi Bencana Nasional terkait penyebaran Virus Covid-19 di Indonesia, namun menurutnya semangat HUT HK 59 tetap digaungkan oleh perusahaan secara terus menerus.

"HUT HK 59 harusnya terdiri dari banyak kegiatan, yang dimana biasanya selalu ada kegiatan acara puncak, syukuran, hingga family gathering. Namun beberapa kegiatan yang melibatkan keramaian tersebut harus kami batalkan sementara atas imbauan dari pemerintah untuk mencegah penyebaran virus Covid-19," ujar Bintang.

Meskipun terdapat beberapa rangkaian acara yang ditunda, namun beberapa rangkaian kegiatan lainnya tetap dapat berjalan dengan antusiasme yang tinggi dari karyawan Hutama Karya maupun masyarakat umum.

"Di luar kegiatan yang seharusnya kita lakukan mendatang, sudah ada beberapa kegiatan baik internal maupun eksternal yang telah kita laksanakan sebelumnya. Seperti Anugerah Hutama 2020 yang terdiri dari kompetisi foto dan jurnalistik, lomba karya inovasi untuk mahasiswa se-Indonesia, Pasar Raya Sumatera di Indralaya awal maret kemarin, kompetisi internal (futsal, tennis meja, badminton, hk go talent), donor darah, medical check up, hingga lomba karya inovasi bagi internal kami," imbuhnya.

Aksi Sosial Hutama Karya

Merebaknya penyebaran infeksi Corona Virus Disease (Covid-19) atau yang lebih dikenal dengan nama Virus Corona di Indonesia turut membuat Hutama Karya turut menggaungkan aksi BUMN Tanggap Corona sejalan dengan arahan dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Melalui kegiatan CSR-nya, Hutama Karya telah menyalurkan 2000 masker dan 720 hand sanitizer secara cuma cuma kepada masyarakat di Tangerang Selatan yang penyalurannya dibantu oleh Dinas Kesehatan Kota Tangsel pada Selasa (16/3) lalu.

Hutama Karya juga akan memberikan bantuan senilai Rp 410 juta untuk penyediaan alat-alat kesehatan yang akan disalurkan melalui Yayasan BUMN Hadir Untuk Negeri ke 10 rumah sakit di 10 provinsi di Indonesia.

Di samping itu, Hutama Karya juga membuat keran air di dua titik area publik yang berada di kelurahan Cipinang Cempedak. Adapun untuk karyawan, Hutama Karya memberikan suntikan Vitamin C dosis tinggi kepada seluruh petugas ruas tol hingga karyawan proyek yang dibagikan secara bertahap.

Selain itu, dilakukan vaksinasi Influenza 3 strain dan pneumonia secara bertahap kepada seluruh karyawan mulai dari office boy, satpam, officer hingga manajemen Hutama Karya. Di Sumatera, Hutama Karya turut menyalurkan berbagai alat kesehatan yang dibutuhkan khususnya bagi tenaga medis mulai dari Alat Pelindung Diri (APD), masker N95, sarung tangan latex, thermo scan, hand sanitizer dan alat pelindung lainnya ke sejumlah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang terletak di sekitar proyek Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS).

Penyaluran bantuan ini telah telah dimulai dengan pemberian satu buah alat thermo scan kepada RSUD di Padang Pariaman melalui proyek JTTS ruas Padang-Sicincin dan akan berlanjut di proyek JTTS ruas lainnya. Tak berhenti sampai disitu, anak perusahaannya yaitu PT HK Infrastruktur (HKI)-pun turut andil dalam pencegahan penyebaran Covid-19 dengan menyalurkan Alat Pelindung Diri (APD) berupa 100 pcs sepatu boot kepada RSUD Dumai sebagai Rumah Sakit rujukan Covid-19 melalui proyek JTTS ruas Pekanbaru-Dumai.

Pembangunan JTTS

Adapun tahun 2020 ini, penyelesaian pembangunan JTTS terus berlanjut untuk beberapa ruas yang menjadi prioritas yang di antaranya adalah ruas tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131km dimana konstruksinya sudah mencapai rata-rata 97%, ruas tol Sigli-Banda Aceh seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang sepanjang 13,5km yang progress pembangunannya telah mencapai rata-rata 99% serta ruas tol Medan-Binjai seksi 1 sepanjang 6km yang ditargetkan selesai pada Juli 2020.

Sebagai informasi, Hutama Karya menjadi salah satu perusahaan pengembang infrastruktur terkemuka dan tertua di Indonesia, Hutama Karya yang membangun gedung DPR/MPR, Patung Monumen Dirgantara (Pancoran), Jembatan Ampera, Jembatan Youtefa, hingga saat ini diberi amanah oleh pemerintah untuk mengembangkan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) sepanjang 2.765km.

(mul/ega)

Let's block ads! (Why?)



"Karya" - Google Berita
March 26, 2020 at 03:59PM
https://ift.tt/39r6EqY

Hutama Karya Rayakan 59 Tahun dengan Aksi Peduli Penanggulangan Corona - detikNews
"Karya" - Google Berita
https://ift.tt/2V1hiPo

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hutama Karya Rayakan 59 Tahun dengan Aksi Peduli Penanggulangan Corona - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.