Search

Erick Thohir Pecat Dirut Garuda, Ini Respons Budi Karya - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC IndonesiaMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan tanggapan terkait keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir memberhentikan Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk Ari Ashkara karena tersangkut skandal. Ia mengaku baru mengetahui kabar itu dari awak media yang bertugas di kantor pusat Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (5/12/2019).

"Kalau Kementerian BUMN mengambil tindakan, Kementerian BUMN stakeholder pemegang saham merah putih. Dia (Kementerian BUMN) yang berhak mengangkat dan memberhentikan direksi, tentunya sudah melalui proses hati-hati, tidak melakukan tiba-tiba saja," ujar Budi Karya.

Ia pun meyakini keputusan Erick memberhentikan Ari tidak akan berpengaruh kepada operasional Garuda Indonesia. Sebab, Garuda Indonesia merupakan organisasi yang besar.


"Saya kira Pak Erick menunjuk pelaksana tugas. Saya lihat bahwa direksi Garuda sekarang, selain dirut, memiliki kapasitas yang baik. Jadi siapa pun ditunjuk (menjadi pelaksana tugas), baik, tapi kami menugaskan dirjen perhubungan udara untuk berkoordinasi tentang bagaimana manajemen pengoperasian Garuda di hari mendatang," kata Budi Karya seraya menyatakan penunjukan Plt merupakan kewenangan Kementerian BUMN.

Hari ini, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir menggelar konferensi pers bersama terkait penyelundupan sepeda motor Harley Davidson dan sepeda Brompton via Airbus A330-900 Neo di kantor Kementerian Keuangan.

Erick mengungkapkan motor itu dimiliki oleh AA (Dirut Garuda Indonesia Ari Ashkara).

"Dewan komisaris sudah kirim surat dan Komite Audit sudah kirim surat dan mohon maaf untuk menyelesaikan tidak secara individu dan kesepakatan, integritas dan good corporate governance kita tingkatkan," katanya.

"Komite Audit menyatakan bahwa motor Harley milik saudara AA. Detilnya, AA memberikan instruksi cari Harley Davidson Softail Head di 2018. Jadi ini motor klasik. Pembelian ini di April 2019. Proses transfer ke pribadi finance Garuda di Amsterdam. Saudara IJ bantu pengiriman dan proses secara menyeluruh di dalam BUMN, bukan individu," lanjut Erick. IJ merupakan Direktur Teknik dan Layanan Garuda Indonesia Iwan Joeniarto.

Atas peristiwa ini, pendiri Mahaka Media ini pun memutuskan untuk memberhentikan AA.

"Proses perusahaan publik, dan akan lihat oknum-oknum yang tersangkut dalam kasus ini. Kemenkeu dan DJBC (Direktorat Jenderal Bea dan Cukai) akan mengusut secara tuntas dan kerugian negara, perdata bahkan mungkin pidana," kata Erick.

(miq/hoi)

Let's block ads! (Why?)



"Karya" - Google Berita
December 05, 2019 at 05:22PM
https://ift.tt/2rZ3M4g

Erick Thohir Pecat Dirut Garuda, Ini Respons Budi Karya - CNBC Indonesia
"Karya" - Google Berita
https://ift.tt/2V1hiPo

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Erick Thohir Pecat Dirut Garuda, Ini Respons Budi Karya - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.