Search

Menhub Budi Karya Tegaskan Tol Japek II Bukan Produk Gagal - Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan bahwa Tol Layang Jakarta-Cikampek bukanlah produk gagal. Pernyataan itu disampaikan Budi Karya menyusul terjadinya kemacetam parah di jalan tol Japek II tersebut. 

“Itu euforia masyarakat saja, contohnya saya jual martabak, martabaknya enak orang pada datang, banyak orang yang beli dalam satu jam sudah habis. Masa saya dibilang gagal?” kata Budi Karya Sumadi kepada pers usai pameran foto di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu 22 Desember 2019. 

Menhub justru menilai positif apabila Tol Japek layang menjadi pilihan masyarakat, yang beramai-ramai untuk mencoba jalur baru tersebut. “Tol Japek saya pikir sejauh ini baik. Kalaupun kemarin terjadi suatu lonjakan karena memang euforia atau ekspektasi orang untuk menggunakan itu tinggi sekali,” kata Budi Karya lagi.

Ia menjelaskan dengan adanya tol tersebut bisa mempercepat waktu tempuh kendaraan, contohnya Jakarta-Bandung dari empat jam menjadi tiga jam. “Mengapa saya katakan bagus? Karena sekarang ini rata-rata Jakarta Bandung sekarang sudah 3 jam 3,5 jam sebelumnya empat jam. Lebih banyak yang mengatakan oke,” katanya.

Namun, lanjut dia, dalam waktu hingga tiga bulan ke depan ini pihaknya akan mengevaluasi kekurangan-kekurangan dalam pengoperasian Tol Japek layang tersebut. Budi mengusulkan akan membatasi pergerakan kendaraan yang melintasi tol layang tersebut.

“Nantinya kita lihat. Kita akan batasi orang yang naik ke atas, saya yakin oke. Jadi saya tinggal akan mengawasi. Kalau sudah sekian ribu lebih saya batasi,” katanya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi mengatakan Tol Japek Layang belum memenuhi ekspektasi masyarakat sebagai solusi kemacetan jalur yang hampir setiap hari sangat padat tersebut Seperti diketahui, pada Sabtu 21 Desember 2019, tol layang Cikampek macet total selama dua jam, dan akhirnya arus lalu lintas menuju tol layang ditutup sementara. Akibat insiden inilah, YLKI menilai Tol Japek II merupakan produk gagal.

ANTARA | FAJAR PEBRIANTO | HENDARTYO HANGGI

Let's block ads! (Why?)



"Karya" - Google Berita
December 22, 2019 at 08:45PM
https://ift.tt/2sP7xdh

Menhub Budi Karya Tegaskan Tol Japek II Bukan Produk Gagal - Tempo
"Karya" - Google Berita
https://ift.tt/2V1hiPo

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Menhub Budi Karya Tegaskan Tol Japek II Bukan Produk Gagal - Tempo"

Post a Comment

Powered by Blogger.