Search

KPK Periksa Mantan Kadiv Waskita Karya Terkait Korupsi Proyek Fiktif - Okezone News

JAKARTA - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap mantan Kepala Divisi II PT Waskita Karya (Persero), Fathor Rachman. Ia akan diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan korupsi pekerjaan subkontraktor fiktif dalam proyek-proyek yang digarap PT Waskita Karya.

Fathor Rachman sendiri merupakan salah satu tersangka dalam kasus ini. Kesaksian Fathor dibutuhkan untuk melengkapi berkas penyidikan tersangka lainnya, yakni mantan Kabag Keuangan dan Risiko Divisi II PT Waskita Karya, Yuly Ariandi Siregar (YD).

"Yang bersangkutan diperiksa untuk tersangka YD," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah melalui pesan singkatnya, Selasa (3/12/2019).

Belakangan, penyidik KPK memang sedang fokus mengusut kasus dugaan korupsi yang ditaksir merugikan keuangan negara hingga Rp186 miliar tersebut‎. Fokus pengusutan perkara ini ditandai dengan intensnya pemeriksaan terhadap sejumlah saksi.

Salah satu saksi yang pernah diperiksa KPK yakni mantan Kepala Divisi III Waskita Karya yang kini menjabat Dirut PT Jasa Marga, Desi Arryani. Dalam pemeriksaan tersebut, tim penyidik mencecar Desi mengenai peran dan pengetahuannya terkait pekerjaan-pekerjaan subkontrak fiktif di 14 proyek yang digarap Waskita Karya. Diduga,terdapat pekerjaan fiktif dalam proyek yang digarap Divisi III Waskita Karya saat dipimpin Desi.

Sejauh ini, KPK baru menetapkan mantan Kepala Divisi (Kadiv) II PT Waskita Karya, Fathor Rachman (FR) serta mantan Kepala Bagian (Kabag) Keuangan dan Risiko Divisi II PT Waskita Karya, Yuly Ariandi Siregar (YAS) sebagai tersangka.

Kedua pejabat Waskita Karya tersebut diduga telah memperkaya diri sendiri, orang lain, ataupun korporasi, terkait proyek fiktif pada BUMN. Sedikitnya, ada 14 proyek infrastruktur yang diduga dikorupsi oleh pejabat Waskita Karya. Proyek tersebut tersebar di Sumatera Utara, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Bali, Kalimantan Timur, dan Papua.

Fathor dan Ariandi diduga telah menunjuk empat perusahaan sub kontraktor untuk mengerjakan pekerjaan fiktif pada sejumlah proyek konstruksi yang dikerjakan Waskita Karya.

Let's block ads! (Why?)



"Karya" - Google Berita
December 03, 2019 at 03:10PM
https://ift.tt/2DEddJ7

KPK Periksa Mantan Kadiv Waskita Karya Terkait Korupsi Proyek Fiktif - Okezone News
"Karya" - Google Berita
https://ift.tt/2V1hiPo

Bagikan Berita Ini

0 Response to "KPK Periksa Mantan Kadiv Waskita Karya Terkait Korupsi Proyek Fiktif - Okezone News"

Post a Comment

Powered by Blogger.