Search

Jaya Negara dan Ngurah Gede Hadiri Karya 30 Tahun di Pura Kertalangu - Balipuspanews.com

Wakil Walikota Denpasar IGN Jaya Negara di dampingi Ketua DPRD Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede.
Wakil Walikota Denpasar IGN Jaya Negara di dampingi Ketua DPRD Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede.

DENPASAR, balipuspanews.com -Rahina Sanicara Kliwon Wuku Wariga, warga masyarakat Banjar Kertapura Kesiman melaksanakan Karya Ngenteg Linggih Ngrsigana Pedudusan Alit Lan Mupuk Pedagingan di Pura Kertalingga Kesiman Sabtu (25/1).

Acara ini dihari langsung  Wakil Walikota Denpasar IGN Jaya Negara di dampingi Ketua DPRD Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede.

Terlaksananya karya ini Wakil Walikota Jaya Negara atas nama Pemerintah Kota Denpasar memberikan apresiasi kepada warga Banjar Kertapura Kesiman, karena telah melaksanakan swadarma yakni dharmaning agama dan dharmaning negara.

Menurutnya, Dharmaning Agama  telah melaksanakan Karya Pedudusan Alit sebagai wujud bhakti kepada Ida Ratu Bagawan Penyerikan.

Dengan melaksanakan karya ini, Menurut Jaya Negara dampak di dalam Dharmaning Negara tentunya lingkungan berjalan kondusif, masyarakat akan tenang maka pemerintahan pun akan berjalan dengan lancar.

“Semua itu sangat keterkaitan maka dari itu atas nama Pemkot Denpasar saya memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada warga Br. Kertapura,’’ kata Jaya Negara.

Ketua Panitia I Wayan Muka Udiana mengatakan, selain Karya Ngenteg Linggih Ngrsigana, Pedudusan Alit Lan Mupuk Pedagingan pada hari yang baik ini juga berlangsung piodalan dan pewintenan saraswati. Menurutnya Karya Ngenteg Linggih Ngrsigana Pedudusan Alit Lan Mupuk Pedagingan semestinya berlangsung setiap 30 tahun sekali. N

Namun karen  banjar ini baru berdiri pada 1978 dengan jumlah kepala keluarganya awalnya hanya 15KK belum pernah mengadakan upacara seperti ini. Bahkan  Prosesi yang pernah dilaksanakan baru hanya Upacara Melaspas dan Mendem Pedagingan.

Sekarang  jumlah warga kami sudah  215 KK yang berasal dari berbagai daerah di Bali maka  susuai dengan kesepatakan dan dengan swadaya kami  melaksanakan karya ini.

Rangkaian upacara telah berlangsung dari tanggal 22 Januari diawali dengan Upacara Rsigana dan Mendem Pedagingan dan untuk pecaruan menggunakan Panca Sanak.

Untuk hari ini upacaranya adalah Pedudusan Alit dan Pujawali yang dipuput Ida Pedanda Lingsir Dari Gerya Bona Gianyar.

“Dengan berlangsungnya acara ini kami harapkan semua warga mendapatkan kerahayuan ring Ida Sang Yang Widhi Wasa,’’ harapnya. (rls/BPN/tim)

Let's block ads! (Why?)



"Karya" - Google Berita
January 25, 2020 at 09:55PM
https://ift.tt/38AGl1p

Jaya Negara dan Ngurah Gede Hadiri Karya 30 Tahun di Pura Kertalangu - Balipuspanews.com
"Karya" - Google Berita
https://ift.tt/2V1hiPo

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jaya Negara dan Ngurah Gede Hadiri Karya 30 Tahun di Pura Kertalangu - Balipuspanews.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.