Search

HW UMS Manfaatkan Daun Jadi Karya Ecoprint - Timlo Net

Sukoharjo — Hizbul Wathan Universitas Muhammadiyah Surakarta (HW UMS) menggelar program “Jagongan Sampah Kampus” di di Hall C FKIP UMS, Kampus Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Senin (9/3). Kali ini berupa pelatihan ecoprint.

“Biasanya daun yang berguguran dianggap tak memiliki manfaat yang berarti. Padahal daun-daun itu bisa dimanfaatkan sebagai alat lukis berbahan baku alami di atas kain. Gaya lukis demikian dinamakan ecoprint,” ungkap pelatih ecoprint Yuni Sriwahyuningsih –akrab disapa akrab Mbak Yuni.

Mbak Yuni merupakan founder Nirmala Ecoprint and Creative Product, sekaligus aktivis lingkungan dari Jombang. Mbak Yuni mengenalkan teknik ecoprint.

Menurutnya, ecoprint terbagi dalam dua teknik, yaitu teknik pounding dan steam. Teknik pounding dilakukan dengan cara daun dipukul ke bagian kain. Sedang teknik steam, daun dicelupkan ke pewarna bahan alami kemudian ditempelkan ke kain.

“Dengan cara ini kita bisa mengurangi limbah yang mencemari tanah dan air di lingkungan kita,” ungkap Yuni.

Bahan pewarna alaminya sendiri hanya terdiri dari air, tawas atau alum dan berbagai bentuk daun sebagai alat cetaknya. Tak lupa, kain atau tas dari bahan kain digunakan sebagai media menempelkan daunnya.

Keunikan dari ecoprint, menurut Mbak Yuni, setiap orang bisa bebas berkreasi dengan bentuk daun yang disukai dan bisa menjadi produk limited edition sebagai daya tarik tersendiri. “Dengan teknik yang sama dan bahan yang sama belum tentu kita bisa menghasilkan karya yang sama pula, itulah uniknya ecoprint,” ujarnya.

Sementara itu, Ahmad Khoirul selaku Koordinator Jagongan Sampah Kampus berharap, pelatihan ecoprint tersebut bisa semakin menumbuhkan kepedulian merawat lingkungan dan bisa membuahkan karya.

“Harapan dari workshop ini bisa menjadikan kita untuk lebih ecofriendly (lebih peduli lingkungan) lagi dari sebelumnya,” harapnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Let's block ads! (Why?)



"Karya" - Google Berita
March 09, 2020 at 12:39PM
https://ift.tt/336v2wf

HW UMS Manfaatkan Daun Jadi Karya Ecoprint - Timlo Net
"Karya" - Google Berita
https://ift.tt/2V1hiPo

Bagikan Berita Ini

0 Response to "HW UMS Manfaatkan Daun Jadi Karya Ecoprint - Timlo Net"

Post a Comment

Powered by Blogger.