Search

IGN Dalem Rahmadi; Sulap 100 Bambu Jadi Karya Seni Patung Keren - Jawa Pos

PUTU ADE GRANTIKA, Gianyar

HAL itu terungkap saat diwawancarai di rumahnya, Minggu  kemarin (29/9). Pria yang baru berumur 24 tahun tersebut mengaku memang sejak kecil suka membuat anyaman bambu. Namun kreativitasnya itu baru bisa dituangkan saat pembuatan ogoh-ogoh menjelang Pengerupukan, setahun sekali yang semuanya menggunakan bahan bambu. “Sejak kecil memang suka membuat anyaman bambu, tetapi saat menjelang Pangerupukan saja yang membuat ogoh-ogoh degan sistem ulat-ulatan,” terangnya.

Disinggung dengan karyanya yang dihasilkan selama ini, ia pun menyampaikan sudah beberapa kali ikut pameran dan membuat order dalam kegiatan festival. Terdiri atas kepala baris yang dipajang pada kegiatan di Lapangan Lumintang Denpasar, patung rejang, patung raja Karangasem, bahkan sampai tempat foto yang dipajang beberapa obyek wisata di Gianyar.

Saat ini ia pun membuat patung berbahan bambu yang dipajangnya pada Pura Tirta Empul Tampaksiring. “Itu patung penyambutan untuk karya agung yang akan datang ini. Karena diminta sama desa untuk membuat, jadi kita nganyah karena saya bekerja tidak sendiri. Ada beberapa pemuda dan krama juga ikut membantu membuatnya,” terang mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar tersebut.

Untuk pembuatan patung anyaman bambu yang tingginya dua meter itu, Dalem Ramadi mengaku hanya memerlukan sekitar 100 bambu. Sedangkan pembuatannya, ia harus memerlukan waktu mencapai satu bulan. Bahkan satu bulan itu cukup pembuatan dari nol hingga sampai selesai. Selain bambu, diakuinya sebagai pemanis dikombinasikan dengan ukiran-ukiran dari kayu yang seperlunya untuk dipasang.

Mahasiswa semester delapan juruan seni rupa itu menambahkan, untuk patung bahan bambu awet atau tidaknya tergantung dari lokasi ditempatkannya. Karena keutuhannya sangat dipengaruhi oleh cuaca, terkena air hujan atau tidak. “Kalau ditempatkan pada tempat yang tidak kena hujan dan matahari bisa mencpai lima tahun masih utuh. Rata-rata umur bambu anyaman tanpa diawetkan memang segitu,” tandas Dalem Ramadi. 

(bx/ade/yes/JPR)

Let's block ads! (Why?)



"Karya" - Google Berita
September 30, 2019 at 10:17AM
https://ift.tt/2opjyni

IGN Dalem Rahmadi; Sulap 100 Bambu Jadi Karya Seni Patung Keren - Jawa Pos
"Karya" - Google Berita
https://ift.tt/2V1hiPo

Bagikan Berita Ini

0 Response to "IGN Dalem Rahmadi; Sulap 100 Bambu Jadi Karya Seni Patung Keren - Jawa Pos"

Post a Comment

Powered by Blogger.